Cara Reset BIOS Motherboard

Cara Reset BIOS Motherboard

Ketika memperbaiki komputer salah satu hal yag biasa dilakukan adalah reset BIOS.

Seperti yang sudah di jelaskan pada ciri – ciri motherboard rusak. Saat kalian mengalami layar monitor hanya stuck di Boot Screen atau layar hitam ada kedip – kedip seperti tanda underscore.

Kalian bisa mengatasinya hanya dengan reset BIOS motherboard. Lalu bagaimana caranya, silahkan ikuti langkah – langkah dibawah ini.

Cara Mereset BIOS Motherboard Pada PC

Agar berjalan lancar saat mengikuti langkah – langkah reset ini sebaiknya kalian lebih dahulu memahami bagian – bagian pada motherboard beserta fungsinya.

  1. Pertama yang harus dilakukan adalah mencabut kabel power dan kabel power supply yang terhubung ke motherboard. Termasuk kabel monitor karena saya amati ini juga dapat menghantarkan listrik. Beberapakali juga sempet kesetrum saat lupa tidak mencabut kabel monitor ini.
  2. Tunggu 1- 2 menit agar aliran listrik di motherboard hilang terlebih dahulu.
  3. Lalu cari jumper atau komponen motherboard bertuliskan CLR CMOS. Untuk tipe yang jumper 2 pin tinggal cabut lalu pasang terbalik. Untuk jumper 3 pin tinggal tekan tombol reset.
  4. Tunggu kurang lebih 1-3 menit lalu pasang jumper ke posisi semula.Cara Reset BIOS Motherboard Pada PC
  5. Kemudian pasang kembali semua kabel yang sudah dicabut lalu hidupkan komputer. Jika sebelumnya tidak bisa masuk sistem operasi dan sekarang sudah bisa masuk itu tandanya reset BIOS ( clear CMOS ) berhasil.

Setelah reset komputer ( PC ) masih tidak bisa hidup atau no display. Coba beberapa cara memperbaiki motherboard mati total atau no display yang sudah dibahas sebelumnya.

No Responses

Show all responses

Write a response